Daftar Makanan Penurun Kolesterol Secara Alami







Daftar Makanan Penurun Kolesterol Secara Alami


Agar aman menyantap sate kambing favorit di Idul Adha, turunkan dulu kolesterol Ibu. Ini caranya.




Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa bukan daging kambing yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi, tapi kadar kolesterol jahat dalam tubuh(insert artikel mitos dan fakta daging kambing). Nah, agar Ibu dan keluarga bisa menyantap daging kambing tanpa khawatir di Idul Adha nanti, ini beberapa kiat agar kolesterol turun secara alami.


Mengkonsumsi tomat.


Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan buah tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Likopen juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka.


Mengkonsumsi alpukat


Tidak hanya nikmat sebagai hidangan sehari-hari, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh dan pitosterol. Kandungan dalam alpukat tersebut bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera Ibu dan keluarga.


Makan Jeruk


Jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sebagai antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sebanyak 3 gelas jus jeruk setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 21 mg dalam waktu 1 bulan.


Minyak Zaitun.


Minyak zaitun adalah nutrisi yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Coba konsumsi sekitar 2 sendok makan (23 gram) olive oil setiap hari. Ibu bisa mencampurkan ke dalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan, misalnya roti. Tapi ingat, minyak zaitun tinggi kalori, jadi jangan makan lebih dari jumlah yang disarankan.


Perbanyak konsumsi sayuran


Cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Sayuran memiliki kandungan serat dan juga antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran berupa betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E. Antioksidan inilah yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, sayuran juga dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.


Kacang almond


Almond adalah kacang yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Pertama, almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik sambil menurunkan LDL (kolesterol jahat). Kedua, lemak yang terkandung dalam almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Almond juga mengandung vitamin E dan kalsium. Sejumlah penelitian melaporkan terjadi penurunan 10% kolesterol buruk (LDL) untuk penderita yang mengkonsumsi almond dibandingkan mereka yang tidak. Penurunan ini terjadi tanpa merugikan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mencapai penurunan 10% kolesterol LDL Ibu diwajibkan makan di sekitar 73 gram almond per hari.


Silakan mengkonsumsi daftar makanan di atas. Kini ibu dan keluarga bisa menyantap sate kambing favorit keluarga dengan tenang!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Berisi

Cari Beragam Informasi Kehamilan Lewat Buku

Akibat Suka Gigit Es Batu