Rahasia di Balik Nyeri pada Punggung saat Hamil





Rahasia di Balik Nyeri Punggung saat Hamil



Banyak ibu hamil yang sering mengeluh mengalami sakit punggung ketika berjalan atau pun beraktivitas.



Bagi banyak perempuan, kehamilan adalah suatu anugerah yang sangat menyenangkan. Namun di balik itu semua, ada beberapa masalah yang harus siap dihadapi, seperti nyeri punggung. Banyak ibu hamil yang sering mengeluh mengalami sakit punggung ketika berjalan atau pun beraktivitas. Kok bisa ya?


Ada beberapa alasan yang menyebabkan nyeri punggung terjadi saat sedang mengandung buah hati.


Berat Badan Meningkat



Selama hamil, biasanya berat badan mengalami peningkatan sebanyak 11 sampai 15 kg. Traci C. Johnson, MD, FACOG, dari WebMD Foundation, menjelaskan kalau hal ini menyebabkan tulang belakang harus bekerja ekstra untuk mendukung berat badan sehingga nyeri punggung tidak bisa dihindari lagi.


Perubahan Postur


Dari yang dulunya langsing dan tinggi semampai, saat hamil postur Anda bisa berubah. Kehamilan menyebabkan pusat gravitasi tubuh bergeser dan tanpa di sadari Anda mulai menyesuaikan diri dengan hal tersebut. Fenomena seperti ini juga bisa mengakibatkan nyeri punggung menyerang Anda.


Stress


Selain masalah otot dan tulang, stress juga bisa memicu nyeri punggung saat hamil. Biasanya, ibu hamil punya banyak pikiran sehingga rentan mengalami stress. Hal ini membuat otot di bagian belakang tubuh menegang dan kemudian Anda akan merasakan nyeri yang amat sangat di punggung.


Untuk mengatasi masalah nyeri punggung ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya ada di bawah ini.


Mengatur Postur



Buang jauh-jauh prinsip postur tubuh sempurna. Saat hamil, Anda harus menyesuaikan diri supaya tidak mengalami beraneka macam masalah, termasuk nyeri punggung. Ketika berdiri, carilah posisi nyaman dan sering-sering mengambil istirahat. Saat duduk, pastikan kursi Anda memiliki bantalan punggung yang nyaman.


Pakai Perlengkapan Yang Tepat


Pelengkapan ibu hamil tidak sama dengan yang lainnya. Hindari pakai sepatu hak tinggi, jangan pakai pakaian ketat, dan tinggalkan ikat pinggang Anda di rumah. Kenakan sepatu yang memiliki tumit rendah dan pakaian yang membuat Anda bisa bergerak bebas. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah nyeri punggung dan menjaga si Kecil tetap aman selama di dalam perut.


Mungkin hanya itu saja yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat.




Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Berisi

Akibat Suka Gigit Es Batu