Menghindari Si Kecil Tertular Penyakit Ibu

@shutterstock


Cara Menghindari Si Kecil Tertular Penyakit Ibu

Beberapa faktor seperti makan tidak teratur, kurang istirahat, dan sering kontak dengan penderita flu, dapat meningkatkan risiko tertular penyakit itu, tidak terkecuali dari Ibu.

Memasuki pergantian cuaca, penyakit flu, batuk, demam, dan pilek dapat menyerang siapa saja. Ditambah dengan beberapa faktor seperti makan tidak teratur, kurang istirahat, dan sering kontak dengan penderita flu, dapat meningkatkan risiko tertular penyakit itu, tidak terkecuali dari Ibu.
Simak tips-tips yang dimuat di situs WebMD di bawah ini untuk menghentikan penyebaran penyakit flu agar si Kecil tidak tertular saat berada dekat dengan Anda setiap hari.
Cuci Tangan
Anda pernah mendengar berkali-kali sebelumnya, tapi mencuci tangan adalah cara paling penting untuk menghentikan penyebaran flu. Menurut Badan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Amerika, Centers for Control Diseases and Prevention (CDC), sekitar 80% penyakit ditularkan melalui sentuhan, misalnya bakteri atau virus penyebab flu menempel pada tangan yang kemudian menyentuh mata dan mulut. Biasakan untuk mencuci tangan setelah ke kamar mandi, sebelum menyentuh makanan, dan sebelum berdekatan dengan anggota keluarga lainnya. Gunakan sabun dan air lalu gosok tangan hingga sela-sela jari dan pergelangan tangan minimal selama 20 detik. Bawalah selalu hand sanitizer yang berbasis alkohol jika tidak menemukan air untuk mencuci tangan.
Tutup Hidung dan Mulut
Kebanyakan orang akan menutup hidung dan mulut dengan tangan saat bersin atau batuk. Padahal kulit tangan menjadi media penyebaran penyakit yang ampuh. Sebaiknya gunakan lekukan siku, bawalah selalu tisu, atau bisa juga dengan mengenakan masker saat berdekatan dengan si Kecil dan anggota keluarga lainnya.
Bersihkan Rumah dengan Disinfektan
Bakteri penyebab flu dapat hidup di permukaan selama berjam-jam. Bersihkan area yang sering dipegang seperti meja, gagang pintu, remote control, dan mainan. Gunakan pembersih yang mengandung disinfektan atau buat larutan sendiri dengan mencampur ¼ cangkir pemutih dengan 1 galon air hangat.
Jaga Sistem Kekebalan Tubuh
Agar tidak mudah terserang penyakit flu, tingkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil dengan memberikan makanan bernutrisi, terutama yang tinggi vitamin C, cukup istirahat, dan kurangi stres. Sediakan selalu buah-buahan atau jika perlu berikan suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian anggota keluarga.
Vaksin Flu
Cara terbaik untuk menghindari flu adalah dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Berikan juga pada si Kecil setelah berumur lebih dari setahun untuk melindungi dari penyakit flu yang dapat mengganggu aktivitas bermain dan belajarnya.
Semoga tips-tips di atas membantu Ibu menghindari penyebaran penyakit flu di rumah Anda ya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Berisi

Cari Beragam Informasi Kehamilan Lewat Buku

Akibat Suka Gigit Es Batu